Pengertian dan Sejarah Handphone / Telephon Genggam

Advertisement
advertisement
Pengertian dan Sejarah Handphone (ponsel) atau telephone genggam (telgam) atau handphone (HP) atau disebut juga yakni perangkat telekomunikasi elektronik yang mempunyai kemampuan basic yang sama dengan juga telephone konvensional saluran selalu, namun dapat dibawa ke mana-mana (portabel, mobile) dan tidak butuh disambungkan dengan jaringan telephone menggunakan kabel (nirkabel - wireless). Saat ini Indonesia mempunyai dua jaringan telephone nirkabel yaitu sistem GSM (Global System for Mobile Telecommunications) dan sistem CDMA (Code Division Multiple Access).

Badan yang mengatur telekomunikasi seluler Indonesia yakni Asosiasi Telekomunikasi Seluler Indonesia (ATSI).
Pengertian dan Sejarah Handphone / Telephon Genggam
Pengertian dan Sejarah Handphone / Telephon Genggam

Sejarah Handphone / Telephon Genggam


Penemu sistem telephone genggam yang pertama yakni Martin Cooper, seorang karyawan Motorola pada tanggal 03 April 1973, walau banyak disebut-sebut penemu telephone genggam yakni satu tim dari salah satu divisi Motorola (divisi tempat Cooper bekerja) dengan type pertama yakni DynaTAC. Ide yang dicetuskan oleh Cooper yakni satu alat komunikasi yang kecil dan mudah dibawa melancong lewat cara fleksibel. Harga Handphone Terbaru.

Cooper bersamaan timnya hadapi tantangan bagaimana memasukkan semuanya material elektronik ke alat yang mempunyai ukuran kecil itu untuk pertama kalinya. Namun selanjutnya satu telephone genggam pertama berhasil ditangani dengan keseluruhnya bobot seberat dua kg. Untuk memproduksinya, Motorola membutuhkan biaya setara dengan US$1 juta. “Pada th. 1983, telephone genggam portabel bernilai US$4 ribu (Rp36 juta) setara dengan US$10 ribu (Rp90 juta). Samsung

Setelah berhasil membuahkan telephone genggam, tantangan terbesar setelah itu yakni mengadaptasi infrastruktur untuk mendukung sistem komunikasi telephone genggam itu dengan bikin sistem jaringan yang hanya membutuhkan 3 MHz spektrum, setara dengan lima channel TV yang tersalur ke seluruhnya dunia. Harga Handphone dan Laptop Terbaru 2015.

Tokoh lain yang di kenali sangat berjasa dalam dunia komunikasi selular yakni Amos Joel Jr yang lahir di Philadelphia, 12 Maret 1918, ia memang diakui dunia sebagai pakar dalam sisi switching. Ia beroleh ijazah bachelor (1940) dan master (1942) dalam teknik elektronik dari MIT. Tidak lama setelah studi, ia memulai kariernya selama 43 th. (dari Juli 1940-Maret 1983) di Bell Telephone Laboratories, tempat ia terima semakin lebih 70 paten Amerika dibagian telekomunikasi, terlebih dibagian switching.

Amos E Joel Jr, buat sistem penyambung (switching) ponsel dari satu tempat sel ke tempat sel yang lain. Switching ini harus bekerja waktu pengguna ponsel bergerak atau berpindah dari satu sel ke sel lain sampai pembicaraan tidak terputus. Karena penemuan Amos Joel inilah penggunaan ponsel jadi nyaman. Harga HP Baru

Sekian dan semoga bermanfaat.
Advertisement
advertisement
Pengertian dan Sejarah Handphone / Telephon Genggam | Sara Felicia Dennis | 5